Kamis, 01 Desember 2016

so, percaya diri itu penting

8 Hal Sepele yang Sebenarnya Bisa Buat Kamu Tambah Pede! Yang Sering Rendah Diri, Wajib Baca!

Percaya diri adalah salah satu poin penting yang harus kamu punya untuk mengejar kesuksesan. Ibarat sebuah ibadah, percaya diri adalah syarat sahnya. Karena dengan kepercayaan terhadap diri sendiri, tidak hanya membuatmu bisa tampil meyakinkan di hadapan orang lain, kamu juga akan berani mencoba berbagai kemungkinan. Sementara untuk mengejar kesuksesan, kamu harus berani mencoba berbagai kesempatan dan menatap jauh melampaui kemungkinan.
Namun menumbuhkan rasa percaya diri juga tidak mudah. Kalau dipikir-pikir, siapa yang mau jadi orang penuh ragu dan selalu meremehkan diri sendiri? Siapa yang mau menjadi sosok kikuk yang selalu hilang kata-kata setiap kali berhadapan dengan banyak orang? Siapa yang mau jadi penonton di kejauhan, tak berani mendekat meski sudah lama naksir gebetan?
Tapi percaya diri bisa dilatih, guys. Jadi jangan mau kalah. Supaya percaya dirimu meningkat setiap hari, lakukan hal-hal di bawah ini!

1. Jangan otomatis bilang ‘sorry’, tanpa tahu salahmu apa. Terbiasa menyalahkan diri itu tanda kamu kurang harga dirimu. Mulai hari ini perbanyak deh bilang ‘terimakasih’ untuk menghargai orang lain dan dirimu sendiri

Kurangi kata sorry, perbanyak kata thank you via uspsstamps.tumblr.com
Kata ‘sorry’ adalah sebuah wujud dari sifat legowo, yang mengakui bahwa kamu salah dan mau bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Namun terkadang kata ‘sorry’ dipakai untuk segala hal, tanpa mempedulikan konteksnya. Ada teman meminjam pensil, kamu tak punya, lantas bilang ‘sorry’. Orang lain yang salah, kamu bilang ‘sorry’. Hal-hal seperti ini tanpa disadari bisa menurunkan kadar percaya diri, karena dengan kata lain, kamu selalu menempatkan diri di posisi yang salah. Berbeda dengan kata terima kasih, yang mengekspresikan sebuah posisi yang setara. Yuk, mulai biasakan diri menempatkan kata maaf di konteks yang pas!

2. Jangan cuma buat resolusi tahun baru, tapi resolusi tiap pagi. Mencatat target dan pencapaian tiap harinya, adalah cara mudah menambah percaya diri sebelum tidur

Catat pencapaian harian via dribbble.com
Untuk kamu yang hanya membuat resolusi setahun sekali yaitu di momen tahun baru, mulai hari ini harus mulai membiasakan diri membuat resolusi harian. Misalnya, hari ini kamu harus sudah menyelesaikan laporan, minimal mendapatkan satu klien yang setuju bekerja sama, menyelesaikan satu buku, dan sebagainya. Setelah menyusun list yang kamu inginkan hari ini, jangan lupa juga untuk mencatat setiap keberhasilan yang kamu capai. Selain kamu akan merasa punya kontrol lebih atas hari-harimu, kamu juga jadi punya alasan untuk berbangga diri, sebab kamu mengakui keberhasilan sendiri.

3. Biasakan tersenyum kepada orang asing yang kamu temui di jalan. Selain senyum bisa menjadi mood-booster, berinteraksi dengan orang asing juga akan melatih rasa percaya dirimu untuk berkembang

Tersenyumlah pada orang asing via thephoenixnewspaper.com
Bila kamu besar di lingkungan kota besar, kamu mungkin terbiasa dengan gaya hidup ‘lo-lo’-‘gue-gue’. Selain pada orang yang kamu kenal, tak ada alasan untuk menyapa, apalagi mengobrol dengan akrab. Namun dengan menyapa orang asing yang kita temui di jalan, di stasiun kereta, di dalam bus, secara otomatis kamu sedang melatih diri untuk tampil di hadapan orang lain. Orang yang kurang percaya diri biasanya selalu keringat dingin bila tampil di hadapan orang lain. Sebisa mungkin dia menyembunyikan diri agar orang lain tidak notice atas kehadirannya. Namun dengan sebuah senyum sederhana kepada mereka yang kamu temui di jalan, artinya kamu membiarkan dirimu dinotice orang lain.

4. Sugesti lebih percaya diri bisa muncul dari postur tubuhmu. Duduk dan berdiri dengan tegak akan membuatmu merasa setara dengan orang-orang lainnya

Sepele, tapi posisi tubuh juga bisa berpengaruh pada pembawaan diri via unsplash.com
Tidak hanya membiasakan untuk tersenyum kepada orang lain, sikap tubuh pun bisa mempengaruhi rasa percaya dirimu. Terbiasa duduk atau berdiri dengan membungkuk, menyembunyikan tangan di dalam saku, dan menundukkan wajah demi menghindari pandangan orang lain menunjukkan bahwa kamu insecure dengan dirimu sendiri. Dengan memiliki sikap duduk dan berdiri yang tegak, kamu akan tersugesti bahwa kamu setara dengan orang-orang lain. Kamu sama hebatnya dengan mereka. Sama tingginya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak percaya diri sendiri.

5. Daripada kamu sibuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, lebih baik kamu fokus mengembangkan diri saja

Nilai dirimu sendiri selalu tertutup oleh bayangan orang lain via unsplash.com
“Dia sih wow banget! Da aku mah apa atuh~”
Apa yang membuat kita tidak percaya diri barangkali adalah kebiasaan untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dia begini-begini dia begitu-begitu. Tak heran kalau kamu selalu merasa bahwa pencapaianmu tak berarti apa-apa, karena pada umumnya, rumput tetangga memang lebih hijau dari halaman rumah kita. Daripada begini terus dan membuatmu tak akan beranjak ke mana-mana, lebih baik kamu fokus untuk mengupgrade diri sendiri saja. Sudah pasti dalam dirimu ada potensi yang mungkin saja tidak dipunyai orang lain. Kamu patut berbangga hati atas keunikanmu, dan tak perlu menjadikan kesuksesan orang lain sebagai standar.

6. Tak perlu menolak saat dipuji. Toh, tak mungkin pujian datang tanpa sebab. Terima saja, dan mulailah belajar mengapresiasi diri sendiri

Terima pujian, karena itu hasil kerja kerasmu sendiri via www.theodysseyonline.com
Mungkin karena tidak mau dianggap menyombongkan diri, kita cenderung menolak saat mendapat pujian. Dengan jawaban “ah enggak, cuma lagi beruntung aja kok’, atau ‘Ah, itu bukan apa-apa kok. Kamu lebih hebat deh.’, secara tidak langsung kamu mengerdilkan prestasimu sendiri. Padahal sebelum kamu berharap orang lain menghargai pencapaianmu, kamu sendiri dulu yang harus menghargainya. Karena itu, hilangkan kebiasaan mengelak saat dipuji. Toh, pujian itu datang ada sebabnya. Dengan tersenyum dan mengatakan ‘terima kasih’ tidak akan membuatmu menjadi orang sombong kok.

7. Buat dirimu sesibuk mungkin. Selain kepercayaan diri bertambah seiring pengalaman bertambah, kamu juga punya alasan untuk menolak ajakan-ajakan yang tak kamu inginkan

Harus terus berkarya biar bisa bernilai untuk orang lain dan diri sendiri via emmamarshallphoto.tumblr.com
Sebenarnya, rasa percaya diri bisa dilatih dengan belajar mengatakan ‘tidak’ saat kamu memang benar-benar tidak ingin melakukan sesuatu. Meski sederhana, hal itu menunjukkan bahwa kamu menyadari bahwa dirimu punya posisi setara untuk mengungkapkan ketidaksetujuan. Namun mengatakan tidak-pun tidak mudah. Seringkali kita melakukan sesuatu dengan terpaksa karena tak enak dengan yang meminta.
Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memnyibukkan dirimu sendiri dengan berbagai kegiatan dan acara. Sehingga ketika seseorang datang mengajak atau menyuruhmu ini itu, kamu bisa menolak dengan mudah tanpa mengarang alasan. Selain itu, menyibukkan diri dengan berbagai acara dan kegiatan akan membuatmu bertemu dengan banyak orang dan mengalami banyak hal. Semakin banyak pengetahuan yang kamu punya, tentunya akan berpengaruh pada percaya dirimu juga.

8. Bila itu belum cukup, mulai belajar memainkan alat musik. Dijamin percaya dirimu meningkat drastis

Mampu mengekspresikan diri dengan bahasa lain atau musik jadi sumber kepercayaan diri via www.ew.com
Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa dulu waktu sekolah, cowok dan cewek yang bisa main alat musik terlihat lebih wow dari yang lain? Yang rupawan jadi semakin rupawan, yang biasa saja jadi rupawan. Alat musik memang membawa pengaruh tersendiri kepada orang-orang yang memainkannya. Kharismamu bisa memancar sempurna, meskipun kamu hanya konsentrasi dengan instrumen yang kamu mainkan, tanpa peduli penampilanmu seperti apa. Karena itu, biar rasa percaya dirimu meningkat drastis, kamu bisa mulai belajar memainkan instrumen musik.
Meski tak semudah membalik telapak tangan dan tak bisa dadakan seperti menggoreng tahu bulat, tapi pelan-pelan rasa percaya dirimu bisa ditingkatkan.

Biar jadi sarjana yang mempunyai soft skills, ini yang wajib kalian lakukan waktu masih jadi mahasiswa !

Biar Jadi Sarjana yang Siap Kerja, Ini 7 Soft Skills yang Harus Kamu Dapatkan Semasa Kuliah!

Tak ada yang salah dengan kamu yang begitu giat belajar di kelas hingga khidmat. Menyerap semua hal baik yang guru atau dosenmu berikan selama beberapa jam, setiap hari, setiap bulan, setiap semester, hingga akhirnya kamu lulus dengan nilai sempurna. Tidak ada yang menyalahkan, atau malah melarangmu untuk melakukan semua itu. Toh, itu demi kebaikanmu sendiri.
Tapi satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana kompetensimu dalam bertanggung jawab atas gelar atau ilmu yang telah kamu dapatkan selama itu? Mampukah kamu bersaing dengan dunia kerja yang sungguh sangat berbeda dari dunia pendidikan formal? Alangkah disayangkan ketika kamu bisa lulus dengan sempurna, tapi belum menguasai beberapa kemampuan yang seharusnya bisa kamu dapatkan dari aktivitas lain selain duduk di kelas. Paling tidak, dari luar kelas kamu bisa mendapatkan beberapa soft skill semacam ini, yang sangat penting untuk menunjang kemampuanmu dalam dunia kerja nantinya.
Pembelajaran di kelas memang memberimu banyak referensi. Tapi belajar di luar kelas juga bisa memberimu lebih dari sekadar teks panduan, melainkan pengalaman

1. Mungkin presentasi di kelas bisa membuatmu percaya diri. Tapi berkenalan dan berbicara di depan orang banyak di organisasi bisa membuatmu lebih berani bersuara

Latihan jadi pemimpin yang ahli berbicara depan umum via www.ethos3.com
Di bangku kelas kita memang dilatih untuk percaya diri dengan berbicara melalui presentasi individu dan kelompok setiap harinya. Tapi kesempatan itu biasanya hanya datang satu sampai dua kali per semester. Banyak juga mahasiswa yang lebih suka ‘berdiam diri’ membiarkan teman kelompoknya menjawab semua pertanyaan. Dan mahasiswa tersebut biasanya akan membaca cepat bagian presentasi individunya, tanpa kontak mata. Kalau begitu kuliah bertahun-tahun pun, tetap tidak akan bisa jadi pembicara yang baik.
Mereka yang malu-malu dan tidak bisa berbicara di depan umum, tidak akan bisa sukses di dunia kerja. Mereka hanya akan jadi bawahan yang mendengarkan. Makanya, yang namanya mahasiswa itu seharusnya mencari platform lain untuk melatih kemampuan berbicaranya di depan umum. Cobalah untuk bergabung dalam organisasi kampus yang akan memberimu peluang untuk lebih banyak bicara di depan umum.

2. Beda sama sekolah yang jadwalnya pakem, jadwal kuliah itu kamu sendiri yang bebas atur. Begitu juga waktu nongkrong. Sulit memang atur semua kebebasan waktu yang dimiliki dengan bertanggungjawab

Manajemen waktu via www.myadroit.com
Sebenarnya, tidak ada yang sia-sia dari nongkrong setelah kuliah. Justru yang muda dan penuh tenaga itu tidak dianjurkan untuk langsung pulang ke rumah begitu selesai kuliah. Ini adalah waktu krusial untuk mencari teman dan koneksi sebanyak-banyaknya, sembari mencari jati dari. Nggak seru banget kalau jadwalmu sepakem jadwal sekolah dulu, padahal kamu sekarang sudah memiliki keleluasaan waktu.
SKS bisa dipilih sendiri, kegiatan organisasi juga pilihan pribadi, mau nongkrong di sela-sela jam kuliah juga bisa. Waktumu bebas dan fleksibel tapi penuh tanggungjawab, soalnya semua pilihanmu. Cuma itulah soft skill penting yang memang harus kamu pelajari di umur-umur segini. Yup, manajemen waktu. Manajemen waktu yang baik itu kunci utama untuk hidup yang seimbang dan bahagia. Karena ke depannya hal-hal yang perlu diseimbangkan akan semakin bertambah, dari karier, asmara, keluarga, sampai cita-cita pribadi, kamu wajib punya skill manajemen waktu yang mumpuni.

3. Ini adalah gerbang menuju kemandirian, harus mengasah kemampuan untuk bertahan hidup sendiri. Dari keahlian masak sampai skill mengatur keuangan pribadi, kamu tak boleh lagi hanya berpangku tangan

Supaya bisa bertahan hidup meski sendiri via emgn.com
Kuliah adalah masa yang tepat untuk mengasah kemampuanmu untuk bertahan hidup sendiri. Bagi mereka yang merantau, itu sudah jadi satu-satunya pilihan. Tapi ya jangan cuma tahu daftar warteg atau burjo enak, coba deh belajar memasak. Logikanya ya harusnya semua merasa tergerak untuk belajar memasak, tak peduli cewek atau cowok kan butuh makan.
Bukan cuma memasak, manajemen keuangan, mencuci baju sendiri, sampai bayar-bayar tagihan, harus bisa sendiri. Intinya, selepas kuliah kamu tidak harus lagi berpangku tangan dan mengandalkan orangtua untuk bertahan hidup. Nah bagi yang tidak harus merantau, belajar skill ini jadi tantangan tersendiri. Tetapi cepat atau lambat pasti semua orang harus belajar untuk mandiri, lebih baik cepat sih daripada terlambat.

4. Kalau kamu ikut UKM atau kursus bahasa asing di luar kampus, secara tak langsung kamu juga belajar menjadi seorang multitasker. Banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan dalam satu waktu

Bahkan kelak ketika menjadi ibu, kamu handal untuk multitasking via Today.com
Mungkin hal pertama yang terlintas dalam benakmu adalah gilak! Ya, berat memang membagi pekerjaan dalam satu waktu. Terlebih kalau semuanya memiliki deadline yang hampir bersamaan. Orang manapun akan kesusahan dan mengibarkan bendera putih ketika dia berada dalam jurang deadline yang menganga seperti itu. Tapi untungnya, kamu bisa mengambil hikmah dari semua itu di kemudian hari. Dengan kamu ikut UKM, kursus bahasa asing di luar kampus, dan berkutat dengan tugas kuliah, kamu akan menjadi seorang multitasker yang handal. Kuncinya hanya satu, jangan menyerah di tengah jalan.

5. Skill bekerja dalam tim memang bisa disimulasikan lewat kerja kelompok. Tapi dengan mengikuti program magang, kamu bisa memahami bagaimana kerja dalam tim dengan yang sesungguhnya

Magang, dilatih bekerja dalam tim dengan tanggungjawab dan konsekuensi nyata via www.letsintern.com
Apa manfaat dari program magang bagimu? Kamu bisa belajar banyak dari proses magangmu. Pertama kamu bisa belajar untuk bekerja sama dalam satu tim. Kedua, kamu bisa memahami bagaimana sistem dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Kamu tidak akan mendapatkan dua pelajaran penting ini kalau cuma mengandalkan kurikulum dalam bangku perkuliahan. Itulah manfaat yang bisa kamu ambil dari keikutsertaanmu dalam program magang. Pengalaman magang juga akan jadi aksesoris terbaik untuk CV-mu kelak.

6. Kamu akan bisa membaur dengan semua orang, mengerti bagaimana heterogennya orang-orang di luar sana. Apalagi kalau kamu turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial

Belajar bersyukur dan bersikap bijak menghadapi perbedaan via uny.ac.id
Turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial, rupanya menjadi sumber soft skill yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Mungkin kamu hanya melakukannya dengan sukarela tanpa mengharapkan imbalan apapun. Tapi ternyata, dengan kamu ikut kegiatan sosial ini, kamu akan bisa memahami bagaimana karakter orang-orang di luar sana yang begitu heterogen. Selain itu, kamu juga bisa lebih bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini. Dengan kata lain, kamu akan lebih mudah untuk membaur ke dalam orang-orang baru yang belum pernah kamu kenal sebelumnya.

7. Di dalam kelas, kamu hanya diajarkan untuk hormati dosen. Makanya mumpung muda itu harus punya pergaulan yang luas, supaya bisa belajar banyak etika di kehidupan nyata

Tahu bagaimana bersikap terhadap orang lain itu skill penting dalam hidup via madamenoire.com
Percuma kamu memiliki ilmu setinggi langit dalam berbagai gelar, dari S1, S2, bahkan S3, selama kamu tidak memahami bagaimana cara untuk menghargai orang lain. Bahkan, tanpa perlu kamu belajar hingga ke negeri Paman Sam, harusnya kamu bisa belajar tentang etika dan moral sosial dalam lingkunganmu. Di manapun kamu berada, sudah sewajarnya kamu paham tentang ilmu etika dan tata krama. Kita orang Timur, seharusnya kita lekat dengan etika dan tata krama dalam bentuk sopan santun. Apa jadinya kalau kamu pintar dalam berbagai keilmuan, tapi lupa cara menghormati orang yang lebih tua darimu?
Setelah semuanya kamu dapat, tentu kuliahmu yang bayarnya mahal, lama lulusnya, tidak akan percuma ketika kamu telah menguasai beberapa soft skill yang bisa kamu asah di luar kelas. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan dirimu. Kuliah sambil nongkrong, siapa takut?

sedikit tips nih buat kalian yang merasa kurang cerdas, semoga bermanfaat ^^

Tak Ada Orang Bodoh, Asal Tahu Potensi Diri Sebenarnya. Ini 9 Tipe Cerdas yang Sering Dilupakan!
 
Sedari kecil kita dibesarkan dengan standar yang sempit antara mereka yang termasuk cerdas atau pintar dan mereka yang dianggap bodoh. Meski mungkin terdengar sepele, predikat pintar, biasa-biasa saja, atau bodoh semasa sekolah, tampaknya sangat membekas dalam menentukan level percaya diri kita ke depannya. Sayang nggak sih mereka yang sebenarnya punya potensi di luar standar yang sempit itu, harus tumbuh dengan kepercayaandiri yang rendah karena dianggap bodoh. Mereka mungkin tidak pintar di ilmu-ilmu eksakta sehingga tidak bisa lulus tes masuk fakultas kedokteran. Tapi itu bukan kebodohan, hanya mungkin kecerdasanmu tak sesuai dengan ilmu tersebut.
Nilai-nilai yang tertera dalam rapor atau IPK sekalipun tak bisa menggambarkan secara akurat potensi seseorang. Bila kebetulan kamu adalah orang yang langganan remedi atau mengulang matkul dan ranking bontot di kelas, jangan berkecil hati dulu. Barangkali penelitian dari Howard Gardner dalam bukunya yang terbit tahun 1983: Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaanmu. Nilai-nilai yang tertera di rapor bukanlah kriteria utama dari kecerdasan, karena ternyata terdapat 9 jenis kecerdasan yang seringkali disepelekan. Tak cerdas dalam soal hitungan, bukan berarti kamu bodoh. Mungkin kamu cerdas dalam hal lain seperti merangkai kata. Yuk, cek yang kamu miliki tipe kecerdasan apa!

1. Kecerdasan naturalist, kamu yang bukan cuma suka makan tapi juga sensitif dan dapat membedakan berbagai sensasi rasa yang ada di alam

Calon chef handal via unsplash.com
Kecerdasan naturalist dimiliki oleh orang-orang yang punya sensitivitas di atas rata-rata terhadap segala hal di alam semesta. Maksudnya bukan kamu yang suka galau saat melihat pemandangan alam, melainkan kamu yang bisa dengan mudah membedakan yang mana ketumbar dan yang mana merica. Yang mana kunyit, yang mana jahe, dan yang mana temulawak. Kamu yang dibekali kecerdasan naturalist bisa bisa membedakan objek-objek alam dengan mudah.
Kamu juga punya ketelitian yang luar biasa. Tak heran, bila membeli sebuah produk, kamu butuh waktu lama untuk mempertimbangkan antara dua merk yang berbeda. Kamu yang punya tipe kecerdasan ini cocok berkarir menjadi chef atau seorang botanist, ahli tanaman. Nah, siapa tahu kamu bisa seterkenal Chef Juna?

2. Kecerdasan interpersonal, bila kamu dikenal sebagai sosok supel, mudah bergaul, dan menjadi tempat curhat teman-temanmu

Kamu punya kecerdasan sosial via unsplash.com
Kecerdasan ini mungkin yang paling membuat orang iri. Bahkan orang yang punya nilai sempurna dan selalu juara belum tentu memiliki kecerdasan interpersonal yang sangat membantu dalam kehidupan sosial. Kamu yang suka berinteraksi dengan banyak orang, mudah akrab, dikenal sebagai sosok yang ramah, supel, mudah berempati, dan nyaman dijadikan teman curhat oleh segala golongan, maka kamulah orang dengan kecerdasan interpersonal.
Orang-orang dengan kecerdasan ini tentunya akan berhasil jika diberi posisi sebagai perwakilan yang harus berhubungan dengan banyak orang, seperti jabatan public relation. Orang dengan kecerdasan interpersonal juga cenderung punya jiwa leadership yang tinggi. Meski IPK tak terlalu tinggi, tapi selalu ditunjuk sebagai ketua organisasi, maka kamulah orangnya. Di masa depan, kamu bisa sukses dengan menjadi politisi, pekerja sosial, guru, aktor, atau bahkan presiden.

3. Kecerdasan eksistensial, kamu mungkin sering dibilang sok filosofis karena sering sibuk mempertanyakan ‘untuk apa sebenarnya hidup ini’.

Kamu si sok filosofis via unsplash.com
Apakah kamu pernah mengalami momen-momen di mana kamu melontarkan pertanyaan dan malah ditertawakan oleh temanmu? Bisa juga mereka tidak tertawa, melainkan hanya menatapmu bingung, lalu pura-pura tidak mendengar apa-apa. Lalu kamu pun maklum, sebab yang kamu pertanyakan tak pernah jauh-jauh dari:
“Apa arti hidup ini?””Untuk apa kita ada di hidup ini?”
“Apakah kamu benar-benar ada di dunia ini, ataukah sebenarnya kamu hanyalah seekor capung yang bermimpi menjadi manusia?
Lalu orang akan mengataimu sok filosofis. Saat kamu bicara pun banyak orang yang memandangmu takjub karena tak menyangka sebuah pertanyaan bijak muncul dari kamu. Tapi ada juga yang tak pernah memberimu kesempatan bicara, sebab katanya kamu hanya akan membuat orang semakin pusing saja. Yah, itulah kamu, si orang dengan kecerdasan eksistensial yang mampu memikirkan hal-hal sederhana berkaitan dengan eksistensimu di dunia yang seringnya tak muncul di pikiran orang lain.
Jadi meski kamu sering dianggap tak jelas dan sok filosofis, tapi kamu adalah orang yang punya sisi spiritual luar biasa. Kamu adalah orang yang tenang dari sisi psikologis, tidak mudah terprovokasi, dan selalu berpikir beberapa kali agar tidak sembrono mengambil putusan. Kamu bisa mulai mengarahkan kariermu ke bidang kreatif dan psikologis yang butuh banyak kontemplasi atau renungan, dari penulis sampai psikolog pasti cocok.

4. Kecerdasan logical-mathematician, suka bermalas-malasan main game seharian justru seringkali jadi tanda seorang jenius matematika dan permainan logika

Hobi main game dan jago problem solving via unsplash.com
Kecerdasan logika matematika adalah kemampuan berkoordinasi dengan angka dan persamaan-persamaan dalam matematika. Tak hanya jago menyelesaikan soal mulai dari aljabar hingga pertidaksamaan, kamu juga seseorang yang cakap dalam bermain logika. Tipe seperti ini pasti akan jadi kesayangan guru matematika, tapi selalu dimarahi guru sejarah. Mungkin nilai-nilai di rapormu bakal sangat bervariasi karena kamu hanya suka berlogika tanpa mau menghapal.
Karena inilah kamu begitu menyukai game-game yang sifatnya problem solving, sebab kamu selalu merasa tertantang menyelesaikan persoalan. Yah, meskipun seringnya orang menanggapmu malas karena bisa seharian nongkrong di depan komputer. Tapi asal ingat untuk kerja keras dalam mengejar mimpi-mimpi, kamu pasti bisa sukses seperti jenius start up seperti Mark Zuckerberg atau ilmuwan revolusioner seperti Einstein. Hampir semua CEO perusahaan-perusahaan start up kekinian yang bergerak di e-commerce atau teknologi informasi, pasti semasa mudanya geeks yang cuma pacaran sama layar komputer.

5. Kecerdasan fisik, kamu termasuk orang yang dengan mudahnya dapat menggerakkan tubuh dengan fleksibel dan lebih cepat. Nggak perlu pusing-pusing belajar sambil duduk, pilih saja olah raga favoritmu dan segera berlatih biar bisa jadi atlet olimpiade

Daripada disebut bodoh, meding jadi atlit kebanggaan bangsa via www.ligaolahraga.com
Roll depan dan roll belakang yang bisa kamu lakukan sambil memejamkan mata itu, tidak semua orang bisa melakukannya. Saat ujian olahraga tiba, ada saja orang yang tak mampu melakukan roll depan belakang, kayang, koprol, hingga lompat harimau dan harus puas dengan nilai ‘asal lulus saja’. Kamu yang bisa melakukan itu dengan mudah, jelas memiliki kendali dan keseimbangan yang luar biasa atas tubuhmu sendiri.
Dengan kemampuan koordinasi yang oke atas seluruh bagian tubuh, kamu mampu membuat tubuh dan otak bekerja sama dengan kompak. Ini tidak mudah, karena ada orang ada orang-orang canggung yang selalu merasa kikuk saat bergerak. Karier yang cocok untukmu di masa depan adalah atlet, penari, pengrajin, ahli bedah, dan segala profesi yang membutuhkan gabungan antara pikiran dan gerak lainnya.

6. Kecerdasan linguistik, kamu punya kemampuan lebih menerjemahkan hal-hal fisik jadi rangkaian kata-kata atau bahasa. Tak hanya dalam bentuk tulisan tapi juga tuturan kata, kamu luwes dalam berkomunikasi

Merangkai kata tak sesederhana kelihatannya via stocksnap.io
Menerangkan perasaan atau menuangkan kejadian nyata di sekitar dalam bentuk kata-kata bukanlah hal yang mudah. Karena inilah, banyak mahasiswa yang merasa begitu tertekan dan ingin menyerah saat mengerjakan skripsi. Sebab kecerdasan linguistik, hanyalah dimiliki oleh mereka yang bisa menerjemahkan hal-hal fisikal dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Apa yang diperlukan di sini adalah sensitivitas atas rasa dan koleksi kosa kata yang tidak terbatas untuk mengekspresikan sesuatu.
Dengan begitu, kamu tahu bahwa seorang penulis bukanlah sebuah profesi yang mudah. Sebab dalam proses menulis itu, kamu harus memperhatikan kesesuaian antara kata dengan benda nyata-nya, susunan kata agar dapat dibaca dan dipahami dengan mudah, serta logika untuk merunutkan satu kejadian dengan kejadian lainnya. Disamping penulis atau penyair, kamu pun berpotensi baik mempelajari bahasa lain dan jadi penerjemah, atau profesi apa pun yang butuh keahlian menerjemahkan situasi.

7. Kecerdasan spasial, kamu memiliki sensitivitas tinggi terhadap gambaran ruang dan tempat. Meski sering melamun, kamu dapat melukis gambaran yang ada di dalam kepalamu itu dengan baik

Bisa menerjemahkan ide abstrak ke kanvas via www.huffingtonpost.com
Kecerdasan spasial adalah kemampuan manusia untuk menerangkan benda-benda dalam bentuk gambar tiga dimensi. Tidak main-main, karena kecerdasan ini menggabungkan antara kemampuan berimajinasi, manipulasi objek, proses reasoning yang kuat, kemampuan menggambar, sekaligus jiwa yang artistik. Kamu yang super kreatif, sering ditunjuk sebagai desainer poster saat ada kegiatan organisasi, hobi mencorat-coret sketsa saat sedang nganggur tidak ada kerjaan, atau kamu yang jago photoshop dan berbagai aplikasi berbasis gambar lainnya, termasuk orang-orang dengan kecerdasan spasial ini.

8. Kecerdasan musikal, kamu lebih tertarik bermain musik daripada belajar buku-buku teks pelajaran. Tidak apa-apa, zaman sekarang banyak kok pekerjaan yang butuh sensitivitas nada dan musikalitas tinggi

Industri perfilman banyak butuh si sensitif nada via www.tumblr.com
Bila seorang dengan kecerdasan naturalist bisa menangkap perbedaan dari objek-objek di dunia, sementara orang dengan kecerdasan spasial bisa menangkap benda-benda dan menuangannya dalam gambar tiga dimensi, kamu yang punya kecerdasan musikalitas bisa menangkap suara-suara di alam semesta. Kamu sensitif dengan segala irama dan nada-nada. Bila seorang dengan kecerdasan linguistik menerjemahkan rasa dengan kata, kamu menerjemahkan rasa dengan nada. Bagimu, setiap not balik memiliki makna dan suasananya sendiri. Sudah pasti, karier yang tepat untukmu adalah menjadi seorang komposer, penyanyi, atau bekerja di tim tata suara dalam perusahan film.

9. Kecerdasan intra-personal, yang punya pemahaman lebih tentang dirinya sendiri sehingga bisa punya rencana masa depan yang mumpuni. Mungkin orang ini tidak tampak menonjol cerdasnya, tapi semua langkah hidupnya terhitung akurat

Tahu pasti kemana harus melangkah via unsplash.com
Berkebalikan dengan kecerdasan interpersonal, kecerdasan intra-personal adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri. Emosi manusia adalah hal yang seringnya tidak bisa dipahami oleh diri sendiri. Tapi kamu yang cerdas secara emosi ini, tahu pasti bagaimana dirimu mengeluarkan emosi dan menghadapi berbagai situasi. Dengan kecerdasan ini, kamu juga lebih bisa menerima dirimu sendiri daripada orang lain yang tidak memiliki kecerdasan yang sama.
Penerimaan atas diri sendiri ini, membuatmu lebih bisa mengontrol segala sesuatu dalam diri. Karenanya, kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan dalam hidupmu serta mau jadi apa kamu dalam beberapa tahun ke depan. Kamu adalah orang yang selalu punya to-do list dan tertib mengikuti daftar itu. Tipe ini punya spektrum pilihan profesi yang lebih luas, yaitu asal tahu target dan tujuan akhir, orang-orang tipe ini akan bekerja keras dan tak pernah berhenti sampai tiba di titik finish-nya
Kecerdasan tidak ditentukan semata-mata oleh berapa nilai dan rangking di rapotmu. Setiap orang memiliki keunikan masing-masing, tak ada alasan untuk memperbandingkan. Sebab apa yang kamu bisa, belum tentu orang lain bisa. Dan sebaliknya.

Rabu, 30 November 2016

Tips pola hidup sehat yang wajib dilakukan saat ini

Banyak orang yang mengatakan sehat itu mahal, padahal justru sehat itu murah, sakitnya yang mahal. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum sakit.

Banyak penyakit bersumber dari gaya hidup yang buruk dari diri sendiri. Pola hidup semacam ini terbentuk dari aktivitas sehari-hari yang berulang sehingga menjadi sebuah kebiasaan.

Bila kebiasaan buruk tersebut kamu lakukan terus menerus, maka penyakit berbahaya seperti kanker, diabetes, dan bahkan serangan jantung akan sangat mudah sekali menyerangmu.

Tak perlu cemas, kali ini saya akan bagikan beberapa tips gaya hidup sehat yang luar biasa dari para pakar kesehatan, dan bahkan Rosulullah saw. Penasaran kan bagaimanakah cara hidup sehat itu? Berikut beberapa langkah untuk menuju pola hidup sehat yang wajib kamu lakukan saat ini.

Cara Menjalani Pola Hidup Sehat yang Benar dan Mudah

cara hidup sehat, pola hidup sehat, gaya hidup sehat

1. Ketahui kondisi kesehatan diri sendiri saat ini

Survei membuktikan hampir 70 % lebih orang akan mengubah pola hidupnya setelah mengalami sakit. Apakah kamu juga demikian? Ini langkah yang salah dan harus kamu hindari mulai detik ini.

Memeriksakan diri sebelum sakit tidak hanya berguna untuk memantau kesehatan saja. Tetapi, juga berguna supaya dokter bisa menangani penyakit tertentu yang mungkin akan membahayakan diri kamu di kemudian hari nanti.

Oleh sebab itu, luangkahlah waktu secara berkala untuk konsultasi ke dokter.

2. Lakukan kegiatan fisik (olahraga)

Apakah kamu sering berolahraga? Atau justru aktivitas sehari-harimu didominasi dengan duduk mengetik di depan komputer sepanjang hari tanpa aktivitas fisik?

Para pakar kesehatan merekomendasikan agar kamu melakukan aktivitas fisik minimal 75 menit tiap minggunya dan mengencangkan otot setidaknya dua hari selama sepekan.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa membantumu menjaga kesehatan tubuh. Misalnya seperti jogging, senam, sepeda santai, dan sebagainya. Pilihlah kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan.

3. Pilih makanan yang tepat

Semua orang pasti pernah mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Yup, menu tersebut telah diteliti oleh para pakar kesehatan, dan dinyatakan sebagai makanan sehat dengan kandungan nutrisi cukup lengkap. Mulai dari kandungan vitamin, protein, serat, sampai mineralnya.

Memilih makanan yang sehat ini hukumnya wajib, baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, menjalani pola hidup sehat, ataupun menambah berat badan. Beberapa rekomendasikan makanan sehat antara lain:

4. Hindarilah kebiasaan buruk

Disamping memilih makanan yang tepat, kamu juga harus mulai menghindari kebiasaan buruk agar pola hidup sehat bisa terwujud dengan baik.
Beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihentikan antara lain merokok, minum alkohol, konsumsi makanan manis, berlemak, begadang, dsb.


5. Mengelola stres

Kerja berangkat pagi - pulang malam tentunya membuat stres tak terhindarkan, apalagi ketika kerjaan di kantor menumpuk. Jika tidak bisa mengelola stres dengan baik kondisi semacam ini akan sangat mudah menyebabkanmu depresi.

Untuk mengelola stres sebetulnya ada banyak sekali cara yang bisa kamu tempuh. Misalnya kamu bisa mengambil waktu luang untuk berileksasi, yoga, meditasi, atau bahkan menjalani hobi yang belakangan ini jarang dilakukan lantaran sibuk kerja.

6. Istirahat cukup dan teratur

Idealnya para pakar kesehatan menyarankan agar kamu tidur minimal 8-9 jam sehari. Istirahat cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan suka begadang ya.

Selain mencukupi waktu tidur minimal 8 jam, kamu juga harus tidur secara teratur. Usahakan tidur dan bangun dengan jam yang sama setiap harinya. Ini sangat penting agar tubuh lebih siap kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja.

7. Perbanyak minum air putih

Pada dasarnya tubuh kita terdiri lebih dari 80 % cairan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan munculnya dehidrasi yang berujung pada penyakit. Sebelum tubuh sakit, lebih baik penuhi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Sebuah penelitian di Chicago University membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi minimal 8-10 gelas air, mereka memiliki sistem kekebalan lebih baik dari yang jarang mengonsumsinya. Dengan demikian, air putih dapat meningkatkan imun tubuh terhadap serangan penyakit.

8. Menjaga kebersihan

Bakteri dan virus penyebab penyakit banyak berkembang di tempat yang kotor. Membersihkan lingkungan tempat tinggal secara rutin bisa menjadi pola hidup sehat yang paling ampuh.

Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya.

Cara Menjalani Gaya Hidup Sehat Ala Rosulullah

Ketika Kaisar Romawi mengirimkan bantuan dokter ke Madinah, ternyata selama satu tahun dokter tersebut kesulitan menemukan orang yang sakit. Kemudian dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tentang rahasia kaum muslimin yang jarang mengalami sakit.

Seumur hidupnya, Rasulullah hanya pernah dua kali mengalami sakit. Pertama, ketika diracun oleh seorang wanita Yahudi yang kala itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di Madinah. Kedua, ketika menjelang wafatnya.

Apa sajakah tips rahasia sehat dari Rasulullah?

cara hidup sehat ala Rasulullah saw

1. Rasulullah cepat tidur dan cepat bangun

Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Hal itulah yang melatar belakangi beliau tidak berbincang-bincang setelah waktu isya.

Jika sudah waktunya tidur Rasulullah akan cepat tidur. Rata-rata beliau sudah tidur sebelum pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 beliau sudah terbangun untuk melakukan sholat malam.

2. Rasulullah sering berpuasa

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa… Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Puasa memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker dapat disembuhkan. Baca selengkapnya mengenai manfaat puasa.

3. Tidak pemarah

Rasulullah pernah menasihati sahabatnya sebanyak tiga kali yang berbunyi sama yaitu 
“Jangan marah”. Nasihat ini menunjukan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa. Selain itu, tidak mudah marah juga terbukti sangat menyehatkan tubuh.

4. Jaga kebersihan

“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Rasulullah terkenal sebagai pribadi yang bersih dan rapi. Setiap hari kamis atau jumat, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, bersiwak, serta memakai minyak wangi.

Rasul juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi melalui sunah Beliau bersiwaq yang sampai saat ini masih dianut umatnya.

5. Menjaga pola makan

Di pagi hari Rasulullah suka mengonsumsi segelas air dingin yang dicampur dengan madu asli. Kemudian memasuki waktu dhuha (pagi menjelang siang), Beliau mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa’.

Ditinjau dari dunia kesehatan madu dan kurma memiliki banyak manfaat bagi sistem pencernaan, termasuk salah satunya menetralisir racun. Manfaat ini sudah terbukti ketika Rosul diracuni oleh seorang wanita Yahudi di Madinah.

Kemudian memasuki siang menjelang sore, Rosul mengonsumsi minyak zaitun. “...Sesungguhnya zaitun itu adalah pohon yang diberkahi”. Sedangkan di malam hari Beliau mengonsumsi sayuran-sayuran segar kaya nutrisi.

Secara umum, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Setelah makan malam Rosul tidak langsung tidur. Beliau melakukan aktivitas seperti sholat agar makanan bisa tercerna secara optimal.

6. Berolahraga

Rasulullah pun tak lupa melakukan berbagai jenis olahraga yang menunjukan bahwa tubuh Beliau tidak hanya sehat tapi juga kuat. Beliau pernah lomba lari, gulat, dan bahkan memanah.

7. Bersosialisasi

Sebuah studi di Harvard School of Public Health menemukan bahwa seseorang berusia sekitar 70-an tahun yang memiliki hubungan sosial baik, mereka cenderung memiliki kemungkinan kecil terkena penyakit serangan jantung.

Seperti kita ketahui bersama, Rasulullah adalah pribadi yang suka bersilaturahmi dengan para sahabat dan tetangganya. Bersosialisasi adalah salah satu tips menjaga kesehatan yang patut kita tiru saat ini.

8. Berbekam

Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

“Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas” (HR. Bukhori).

Bagaimana, tertarik mencoba cara hidup sehat diatas? Itulah sajian tips gaya hidup sehat dari para pakar dan Rasulullah yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.
 
(http://www.cantikitu.com/2016/06/cara-menjalani-pola-hidup-sehat.html)

Kamis, 24 November 2016

Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana - Salatiga

hai aku sambung lagi yah mengenai fakultasku, D3 Sekretari itu diberada didalam Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacna - Salatiga


Fakultas Ekonomika dan Bisnis – Universitas Kristen Satya Wacana









slide

Sekilas bakal aku kasih tau visi, misi dan tujuan Feb sendiri,


Visi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW Menjadi Fakultas yang terkemuka di kawasan ASEAN pada tahun 2022


Misi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW
1. Menyediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mem-bentuk lulusan di bidang ekonomi dan bisnis yang memiliki keunggulan kompetitif pada level nasional dan internasional.

2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memiliki reputasi nasional dan internasional serta bermanfaat bagi pengem-bangan ilmu dan masyarakat.


Tujuan
1. Menghasilkan pemimpin masa depan yang:
* Memiliki kemampuan akademik ditandai dengan penguasaan teori ekonomi dan bisnis, kemampuan  analitik yang didukung penguasaan metode keilmuan serta memiliki kemampuan praktik yang memadai.
* Memiliki soft skill, pemahaman lintas budaya, kompetensi bahasa internasional, danpenguasaan teknologi informasi.
* Berkarakter sebagai pembelajar mandiri yg kritis dan memiliki integritas.
* Mampu mengelola perubahan secara kreatif dan realistis.

2. Menghasilkan karya ilmiah bermutu di bidang ekonomi dan bisnis.

3. Menghasilkan gagasan dan solusi manajerial bagi kemajuan masyarakat.


Sekarang aku kasih tau tentang program studi apa saja yang ada di fakultasku,

Program Studi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) merupakan salah satu dari 14 Fakultas di UKSW yang berdiri pada tanggal 5 Desember 1959, yang memiliki 8 program studi, yaitu:

  1. Program Diploma Sekretari
  2. Program Diploma Manajemen Perusahaan
  3. Program S1 Manajemen (Akreditasi peringkat A)
  4. Program S1 Ilmu Ekonomi (Akreditasi peringkat B)
  5. Program S1 Akuntansi (Akreditasi peringkat A).
  6. Program Magister Manajemen (Akreditasi peringkat A)
  7. Program Magister Akuntansi (dalam proses akreditasi)
  8. Program Doktor Ilmu Manajemen (dalam proses akreditasi)

Hasil akreditasi tersebut memperkuat pernyataan banyak pihak yang menyebut Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW sebagai salah satu Fakultas Ekonomi terbaik di Indonesia. Pengakuan umum terhadap kualitas FEB UKSW semakin dikukuhkan dengan masuknya UKSW sebagai salah satu dari 50 Promising Indonesian Universities yang dipromosikan oleh Depdiknas ke seluruh dunia. Nama Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW telah diberlakukan sejak HUT Emas ke-50 setelah sebelumnya bernama Fakultas Ekonomi UKSW.


saekian dulu yaa,nanti aku sambung lagi 
Happy Friyay :)

Nih alternatif baut anak kos, biar akhir bulan tetep ada uang ^^

8 Cara Super Unik Buat Mencegah Pengeluaran Membengkak Saat Sedang Belanja


                Masa depan memang perlu disiapkan dari sekarang. Mungkin kamu udah rencakan seperti apa masa depan sejak sekolah, tapi nggak jarang pas kuliah atau (bahkan) baru memulainya pas kerja. Ibarat lagi mulai hidup baru yang lebih mandiri – tentu terlepas dari orangtua, kamu belajar sungguh-sungguh agar bisa survive jalani hidup di kemudian hari. Hal itupun nggak terlepas dari kondisi keuangan – memungkinkan atau tidak buat realisasikan cita-citamu. Oleh karena itu, sudah saatnya kamu atur keuangan dengan baik supaya sah jadi sosok dewasa nan bijaksana.
Hipwee Tips pun sudah menyiapkan cara-cara jitu buatmu yang pengen irit saat sedang belanja, baik di mal atau swalayan. Biar keluhan-keluhan di masa mendatang berkurang, yuk simak 8 tips hemat yang udah Hipwee Tips rangkum berikut ini.

1. JANGAN PERNAH pakai trolley bag buat ambil barang-barang. Cukup keranjang tangan saja biar nggak makin banyak yang dibeli

jangan pakai troli via weareobserving.blogspot.co.id
Percaya atau tidak, kalau kamu pakai trolley bag pas lagi belanja di supermarket, pasti deh barang-barang nggak penting bakal kamu beli. Seperti pada awalnya kamu cuma fokus beli perlengkapan mandi, eh karena letaknya berdekatan sama peralatan kecantikan, malah jadi kamu beli juga.
Lagipula, mau seberat apapun belanjaannmu, kalau pakai trolley bag nggak bakal ngaruh. Beda ceritanya kalau gunakan keranjang tangan – karena pasti kamu jadi ogah beli tambahan barang lainnya yang nggak dibutuhkan banget.

2. Cuekin tawaran kasir seperti “isi pulsanya sekalian kakak?” atau “ada promo beli dua dapat satu”, padahal kamu lagi nggak butuh

isi pulsanya sekalian kakak?

Karena yang namanya pedagang selalu tawarkan berbagai barang dagangannya, kamu pasti hafal ucapan mereka saat lagi mau bayar. Di pasar modern atau tradisional, kamu sering ditawarkan untuk beli barang lainnya selain yang udah dibeli. Mulai ditawarkan isi pulsa hingga adanya promo barang jualan lainnya bikin kamu tergiur.
Padahal kalau dipikir-pikir, kamu nggak butuh banget dan jadi mubazir beli sekarang. Oleh karena itu, tawaran kasir atau penjual mending kamu cuekin saja deh. ‘Kan lumayan uangmu bisa disimpan buat keperluan lain yang mendesak sewaktu-waktu.

3. Sebiasa mungkin belanja di pasar atau supermarket grosir yang harganya jauh lebih murah dibanding minimarket 24 jam!

jeli memilih tempat belanja

Banyak aktivitas yang digeluti bikin kamu cari kebutuhan apapun di minimarket 24 jam. Tempatnya yang mudah ditemui dan cukup lengkap ini adalah alasan kenapa kamu suka ke sana. Padahal, kalau dipikir-pikir lagi harga barangnya masih lebih mahal dibanding pasar tradisional atau swalayan besar. Walau cuma beda beberapa ribu, lumayan lah bisa disimpan buat kebutuhan lainnya.

4. Bawa uang pas sesuai kebutuhan. Kalau bawa uang lebih, godaan buat beli barang lainnya akan semakin besar!

bawa seperlunya saja!
Kalau kamu bawa uang berlebih saat belanja, percaya deh akan ada banyak barang yang nggak dibutuhin, malah akhirnya kamu beli. Bukannya melarang sih, tapi percuma saja jadi perempuan jika nggak pintar-pintarnya mengatur keuangan. Oleh karena itu, cukup bawa uang seperlunya saja, ya!

5. Kalau di dompet masih ada cukup uang, minimalisir pengambilan uang di ATM kalau mau belanja. Mental boros dan sok kaya akan terbentuk dari sini

jangan barengan ambil uangnya!

Kebiasaan kamu yang anak kost, kalau mau keluar beli sesuatu pasti maunya serba “sekalian”. Sekalian ambil uang di ATM lah, sekalian beli makan lah, atau sekalian beli perlengkapan mandi lah, pasti begitu. Padahal, kalau pakai paham serba sekalian ini, bikin kamu jadi lebih boros saat belanja. Karena kamu bakalan tergiur buat belanja banyak barang yang di luar prioritas, dan tanpa disadari uangmu yang diambil dari ATM habis – dan kamu merasa nggak masalah karena itu. Karena kamu bakal berpikir:
Ah, bisa ambil uang lagi ini. Tuh ATM-nya ada, tinggal ambil. Huft.

6. Jika dirasa cukup menguntungkan, ikutlah program member card di swalayan langganan

katanya sih dapet diskon!

Tolak tawaran lain sih boleh, tapi jangan coba tolak tawaran bikin member card, ya. Biasanya sih yang ikutan member card suatu swalayan bikin kamu dapat diskon walau nggak gede. Misalnya dapat 5 atau 10 persen cukup lumayan lah, daripada nggak sama sekali. Tapi, saat mau ikutan pun kamu harus tanyakan ke mereka tentang apa saja keuntungan yang kamu dapat dari member card.
Kalau cuma suatu saat dapat undian doang sih mendingan jangan. Karena biasanya undian itu PHP doang dan yang menang cuma untung-untungan.

7. Daripada boros ke mall atau butik buat beli satu baju tapi harganya ratusan ribu, mending cari informasi garage sale deh biar dompetmu nggak kelabu!

garage sale! 

Barang-barang murah umumnya dijual saat garage sale, lho. Oleh karena itu, usahakan deh kamu datangi tempat-tempat yang lagi adakan garage sale. Biasanya harga barang yang dijual lebih murah dari harga semula. Namun, kamu pun jangan mudah khilaf saat belanja nanti.
Perhatikan kualitas barangnya juga, kalau sudah jelek dan harganya masih cukup mahal mendingan nggak usah beli.

8. Jangan sendirian belanja. Supaya ada yang ngingetin kalau kamu sudah kelewatan ngeluarin uangnya

ada yang nemenin!
Bukannya kamu manja nggak bisa belanja sendirian. Tapi, kalau ada yang menemani, setidaknya kamu jadi risih sendiri kalau mengeluarkan uang terlalu banyak. Bukan harus pacar, teman atau adikmu juga bisa kok dijadikan satpam. Haha!
So, sudah siap jadi cewek yang lebih irit sekarang?

Ini bukan soal mendukung siapapun yaa , ini hany tentang Nasionalisme :)

10 Kalimat Ahok yang Bisa Menyadarkan Siapa Pun Tentang Nasionalisme. Mari Dinginkan Kepala Kita


            Tepat 16 November 2016, setelah Bareskrim Polri menggelar perkara dugaan penistaan agama yang dilakukan gubernur non-aktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, keputusan akhirnya telah dibuat. Bareskrim menetapkan Ahok, begitu sapaan akrab Basuki, sebagai tersangka kasus penistaan agama.
           Bagi sebagian orang, Ahok memang sosok yang kontroversial dan dibenci banyak pihak. Namun di sisi lain, tak sedikit pula yang menilai Ahok sebagai tokoh yang memiliki banyak kualitas baik dan bisa dijadikan contoh. Dia dinilai sebagai pemimpin yang ideal; keras, tanpa kompromi, jujur, dan sangat disiplin. Hal tersebut pun bisa terlihat dari kata-kata yang pernah dikatakannya. Apa saja sih hal-hal baik yang pernah dikatakan Ahok, yuk kita simak langsung!

1. Ketika Ahok kesal akibat banyaknya orang yang tak peduli terhadap sesama, inilah yang dikatakannya!

2. Ahok adalah orang yang sangat idealis, terutama dalam memperjuangkan kebenaran

3. Ahok juga terkenal lantang terhadap masalah-masalah yang menyinggung korupsi. Beberapa orang bahkan menyarankan Ahok jadi ketua KPK

4. Semenjak sepak terjangnya di dunia politik membumbung tinggi, isu perbedaan latar belakang selalu jadi hal yang sensitif bagi Ahok

5. Kuncinya bisa jadi adalah bersyukur. Sebab, kadang Tuhan tak memberikan apa yang kita inginkan. Namun Tuhan selalu memberikan apa yang kita butuhkan

6. Adakah sosok yang berani main sogok dengan Ahok?

7. Kami rasa kutipan ini berlaku untuk siapa pun dengan agama atau keyakinan apa pun

8. Ahok tak beda jauh dengan Iwan Fals yang benci orang-orang bertopeng agama. Iwan Fals bilang: “Agama sebagai topeng yang menjijikkan.”

9. Ahok dikenal dengan pemimpin yang disiplin. Tak aneh kalau dia menekankan para pemuda-pemudi untuk mengikutinya dalam hal kedisiplinan

10. Terakhir, kata-kata dari Ahok ini cukup menohok. Pun kini dia dinilai sebagai sosok kontroversial, jangan langsung nge-judge buruk


         Itulah 10 kutipan dari Ahok. Hipwee sama sekali tak ada maksud untuk ikut memperkeruh suasana atau pun ikut mendukung. Kami mah netral-netral saja. Namun kami punya tujuan ingin mengajak siapa pun untuk bisa melihat seseorang dari sisi lain. Sekontroversial apa pun seseorang, dia pasti punya sisi baik yang bisa kita ilhami.